Langsung ke konten utama

Hal Yang Perlu Kamu Kuasai Agar Mudah Disukai Oleh Orang Lain

Halo IdeNovator!

Manusia tidak bisa hidup sendiri. Tidak dapat kita pungkiri jika hampir setiap hari kita selalu berhubungan dengan orang lain. Baik itu dengan anggota keluarga, teman, pengajar, atau bahkan orang yang baru dikenal sekali pun.
Sebagai Manusia, kita akan selalu berada pada suatu komunitas sosial. Dimana merupakan orang-orang dengan sifat dan perilaku yang berbeda-beda berkumpul. Namun justru dengan perbedaan itulah kita harus bisa menyesuaikan diri.
Berikut, akan saya bahas mengenai empat hal penting yang harus kamu kuasi agar dapat dengan mudah disukai oleh orang-orang baru.

1. Tunjukan Ketertarikanmu Kepada Orang Lain

“Kamu bisa berteman dengan lebih banyak teman dalam dua bulan dengan menunjukkan ketertarikan pada orang lain daripada kamu berusaha berteman dalam dua tahun dengan membuat orang tertarik kepadamu.”
Itulah yang dikatakan oleh Dale Carnegie dalam buku ini. Sehingga kita bisa melihat bahwa untuk bisa dengan mudah beradaptasi dengan orang baru, kita harus menunjukkan ketertarikan kita kepada mereka.
Ikutilah perbincangan mengenai topik yang mereka bahas. Pancinglah dengan pertanyaan-pertanyaan terkait topik pembicaraan itu. Jangan pernah ragu untuk berkomentar dan berpendapat disela obrolan.
Ingatlah, agar orang lain menyukai kamu, pertama kamu harus membuatnya senang.

2. Cobalah Untuk Memahami Perasaan Orang Lain

“Ketika berhadapan dengan orang, ingatlah Anda tidak sedang berurusan dengan makhluk yang memiliki logika, tetapi makhluk yang berperasaan.”
Memahami perasaan orang lain memang tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kita sendiri kurang peka terhadap keadaan sekitar, apalagi memahami perasaan orang lain. Tapi ingatlah satu hal bahwa dengan memahami perasaan orang lain akan menciptakan kedekatan secara emosional.
Seperti kutipan dari buku ini yang mengatakan bahwa, “Proses memahami perasaan orang lain akan menghilangkan jurang pemisah antara orang lain dengan diri kita.”
Ketika orang lain memiliki masalah, cobalah untuk membantunya mencari solusi. Atau sekedar menghibur perasaannya yang belum membaik. Hal itu akan menimbulkan kesadaran di pikiran orang itu mengenai kepedulian kamu.
Ia akan berpikir jika keberadaan kamu sangat penting baginya.

3. Menghargai Setiap Apa yang Orang Lain Lakukan

“Prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia adalah, mereka ingin dihargai.”
Saya menyadari satu hal paling penting setelah membaca buku ini. Sesungguhnya manusia itu memiliki rasa ingin dihargai oleh orang lain. Sifat dasar inilah yang menjadi ukuran seseorang bisa dengan mudah diterima oleh orang lain.
Ketika kamu berada dalam lingkungan pergaulan baru, kamu perlu menganalisis dengan cepat setiap karakter orang yang ada dalam kelompok itu. Perhatikanlah respon per orang terhadap perlakuan lawan bicaranya. Disaat itulah kamu akan tahu bagaimana menghargai mereka dengan cara yang berbeda.
Menurut Dale Carnegie, dalam suatu kelompok akan ada saja seseorang yang memiliki pengaruh besar. Orang itu memiliki kekuatan untuk menggerakkan orang-orang di sekitarnya. Secara psikologis, biasanya orang dengan tipikal seperti itu akan merasa sangat bangga ketika sangat dihargai.
Inilah saatnya kamu bertindak untuk mendekati orang berpengaruh itu. Hargailah setiap apa yang ia katakan, lakukan, dan perbuat kepadamu. Pujilah ia dan katakan jika kamu sangat terkesan bisa bertemu dengannya.
Ketika kamu sudah memiliki jarak yang dekat dengan orang berpengaruh tadi, maka kamu akan dengan mudah berbaur dalam kelompok itu. Karena orang lain dalam kelompok itu akan melihat ikatan antara kamu dengan orang yang memiliki dominasi dalam kelompok itu.
“Kebenaran yang sebenarnya adalah bahwa hampir semua orang yang anda jumpai, merasa bahwa diri mereka lebih tinggi dari anda dari beberapa hal, dan satu cara yang pasti untuk menuju hati mereka adalah membiarkan mereka menyadari dalam satu cara yang halus bahwa anda menyadari kelebihan mereka”

4. Mengutamakan Orang Lain

“Kehidupan dari banyak orang akan berubah jika saja ada seseorang yang mampu membuat mereka merasa penting”
Tidak banyak orang yang tahu jika sikap mengutamakan atau membuat seseorang penting dalam suatu kelompok memiliki pengaruh yang besar.
Pernahkah teman-teman merasa kecewa karena salah satu teman dalam kelompok pergaulan itu sedang tidak ada? Kemudian salah satu dari mereka mengatakan, “Andai saja ada dia, pasti hari ini menyenangkan!”
Orang yang selalu diharapkan kehadirannya adalah orang yang membuat orang-orang di kelomponya penting bagi dirinya. Dalam proses pergaulannya, orang seperti ini akan sangat peduli pada setiap keadaan teman-temannya.
Ia rela meluangkan waktu untuk sekedar mendengarkan curahan hati temannya yang sedang dalam kesulitan. Bahkan hingga menolong temannya dalam keadaan kesulitan sekali pun.
Ia merasa bahwa jika harus ada sesuatu yang diberi dalam kelompok pergaulannya. Dengan kapasitas ia sebagai seorang teman, maka mementingkan orang-orang yang ada di sekitarnya merupakan jalan terbaik untuk membuat hubungan persahabatan tetap sehat dan berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Hal pertama yang dapat kamu lakukan agar dapat dengan mudah disukai oleh orang lain adalah menunjukkan ketertarikanmu kepada mereka, kedua adalah dengan mencoba memahami perasaan orang lain, ketiga adalah menghargai setiap apa yang dilakukan orang lain, dan keempat adalah mengutamakan orang lain.
Kamu bisa mencoba keempat langkah di atas agar mempermudah kamu dalam bergaul dengan kelompok baru dalam lingkungan sosial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Power Pose: Menjadi Percaya Diri Dalam 2 Menit

Halo IdeNovator! Kurang percaya diri. Sebuah masalah yang dialami oleh banyak orang, termasuk gue sendiri. Mulai dari ngga percaya diri ketika mau public speaking, mulai kenalan sama orang lain, ataupun inisiatif buat menyampaikan ide. Salah satu momen yang paling gue ingat dalam hidup gue adalah ketika gue mengikuti lomba marketing plan yang diadakan oleh salah satu konsultan marketing di Indonesia. Waktu itu, tim gue sempet lolos babak 16 besar dan harus presentasi di depan beberapa para juri yang merupakan ahli di bidangnya. Gue ngerasa ngga siap banget waktu itu, mulai dari materi yang kurang dipersiapkan dan juga karena itu juga merupakan pengalaman pertama gue buat berbicara di depan umum. Gue ngerasa deg-degan banget dan rasanya udah hampir keringet dingin pas naik diatas panggung. Alhasil, kurangnya percaya diri ini menyebabkan gue ngomong gelagapan dan terlihat ngga jelas. Ya, tim gue ngga lolos ke babak berikutnya dan gue merasa bersalah karena mengecewakan teman-tem

Impostor Syndrome: Perasaan Ragu Terhadap Diri Sendiri

Halo IdeNovator! Seperti yang kalian ketahui, beberapa saat yang lalu Metagraf sempat istirahat tanpa posting selama satu bulan. Sebenarnya, penyebab utamanya adalah karena pada saat itu, saya mulai merasa ragu dengan kemampuan saya menulis. Perasaan yang saya alami itu biasa disebut dengan istilah  self-doubt . Dalam bentuk lain, perasaan  self-doubt  ini dikenal dengan istilah Impostor Syndrome, yaitu ketika seorang yang sebenarnya kompeten/berpengalaman, merasa bahwa dirinya tidak benar-benar tau apa yang ia lakukan. Berdasarkan pengalaman saya, perasaan tersebut sangatlah mematikan. Impostor Syndrome telah membuat saya jadi berhenti berkarya dan kehilangan momentum dalam menulis. Tidak hanya saya, sejak pertama kali istilah  Impostor Syndrome  ini di temukan pada tahun 1978, telah tercatat bahwa 70% dari populasi manusia di seluruh dunia pernah merasakannya. Bahkan para mahasiswa di universitas papan atas dunia seperti  Harvard, Yale, Stanford  dan  MIT  pun merasakan ha

Tips Meningkatkan Kecepatan Membaca

Halo IdeNovator! Beberapa minggu lalu, gue pernah menulis artikel yang berjudul:  Rahasia Membaca Satu Buku Setiap Minggu . Nah, di artikel itu gue sempet ngejanjiin akan menulis tentang gimana sih tips meningkatkan kecepatan membaca tanpa mengurangi komprehensi kita dalam membaca. Sebelum gue menjelaskan tentang  step-step nya, perlu diketahui bahwa  membaca cepat ini ngga bisa instan.  Dibutuhkan latihan-latihan setiap harinya. Pada awalnya membaca cepat ini juga akan terasa sedikit susah karena mata kita belum terbiasa untuk bergerak dengan cepat dan membaca lebih banyak kata sekaligus. Jadi, lakukanlah latihan membaca cepat dengan teratur agar nanti membaca cepat bisa menjadi kebiasaan yang secara otomatis kita lakukan. Oh iya, pengen ngejelasin juga bahwa  kita ngga harus membaca cepat untuk semua buku.  Ada beberapa jenis buku yang emang kita bisa ngelakuin baca cepat dengan mudah, namun ada juga buku yang akan lebih enak bacanya kalo dihayati secara perlahan. Jadi, ki